Thursday, April 21, 2016

Konsep Perkalian

(30 Desember 2015)

Di tengah kekhawatiran ku saat sebulan kemarin bertarung dg batuk. Ada kejadian yg bikin "oh??!"
Ada anak kelas 3,2 &1 sd. Mereka lagi asyik ngobrol ttg ini itu yg ujung2nya si anak kelas 1sd ini ngajak main tebak2an.

"8x2,berapa?"
"16" jawab reka cepat
"Ya,enggak... 82"

aku dan swami cuma senyum2 aja
Spontan kedua anak 3&2 sd tadi teriak
 

"Ya salah,16 ya...??"

lagi dan lagi si anak kelas 1 sd itu nggak mau kalah bikin tebak2an perkalian,penambahan&pengurangan.
Tapi rupanya krn reka jawab terus si anak itu lari pergi dg wajah kesal campur malu. (Biasa,anak2 kecil cewek suka bersungut2 gitu,termasuk kadang reka juga)

Spontan agak kaget,masalahnya sampe detik ini rasanya aq nggak pernah ngajari dia perkalian dg serius. Kadang sambil mondar mandir beres2,nyuci,masak dst.
Bahkan saat drop kemarin sempat merasa bersalah karena HS tapi kok nggak belajar apa2.

"Oh, ternyata anak itu pada dasarnya pembelajar mandiri"

Dan yg jelas,dia tahu ttg "konsep perkalian" itu dulu.
Bahkan kmarin saat aq nggak bisa bangun dari tempat tidur, Reka duduk di sebelah ku ngitung celengan nya yg rata2 2000,1000&500.

“Buat ke tempat mbah, katanya”

Dia minta dikasih tahu cara menghitung uang di atas lembaran kertas.
Setengah tertidur aq tuntun. Kadang juga sadar krn suara reka.

No comments:

Perkembangan Amira 2-3tahun

Ledakan perolehan kosa kata terjadi dalam waktu satu tahun belakangan pasca kecelakaan di tahun 2021 Maret 28. Yang sebenarnya d...